Kamis, 5 Agustus 2021 | 07:23 WIB

Sedimen Capai 2 Meter, Warga Berharap Sungai Cikapundung Dikeruk

foto

Ken Zanindha

BANDUNG, indoartnews.com ~ Rustendi,warga Kp/Desa Lengkong Kec. Bojongsoang Kab. Bandung yang selalu membantu Satgas Citarum Harum Subsektor 05 mengapresiasi Satgas yang setiap hari membersihkan sungai dari sampah.

Menurut Rustendi saat diwawancara "indoartnews.com, beberapa waktu lalu Satgas Citarum Harum Subsektor 05 bersama warga seringkali ikut membersihkan sungai. "Saya sendiri tiap hari selalu bersama Satgas. Bahkan, jika istirahat pun selalu ngumpul di teras rumah saya," kata Rustendi.

Menurut Rustendi, untuk kegiatan Satgas, warga yang tinggal di dekat sungai selalu ikut aktivitas Satgas dan warga di sini sudah disiplin buang sampah apalagi sejak ada ada Satgas Citarum Harum. Mereka tidak buang ke sungai melainkan ke bak sampah yang dibuat RW bersama warga. Bila sudah kering baru dibakar. Jadi selalu bersih dari sampah.

Satgas Subsektor 05 Cikapundung, Serma Dadang Hermawan bersama Rustendi, warga kampung/desa Lengkong, Minggu (23/5).

Kekesalan pun muncul dari Rustendi saat muncul komplek perumahan. "Dulu sungai di sini tidak pernah banjir. Warga tidak pernah mengeluh. Tetapi ketika ada 2 komplek perumahan sering banjir setahun 5 kali sampai ke dalam rumah dengan ketinggian air mencapai 60 - 70 Cm," ucapnya.

Sebelumnya sungai di sini airnya bagus dan dalam, katanya, dan menyebutkan pula, awalnya di sini ada 3 sungai namun setelah ada komplek perumahan di seberang tepatnya di jalan Buahbatu, aliran airnya mampet jadi kecil. Apalagi sudah ketutup atasnya dengan beton yang akhirnya air membludak ke sini.

"Harapan saya kepada Pemerintah agar sungai di Cikapundung ini dikeruk. Dalamnya sungai dulu sekitar 4 meter. Kini jadi dangkal jadi sekitar 2 meter akibat sedimentasi," Rustendi berharap.

Hingga kini, katanya, Satgas dengan warga sudah menyatu dengan baik. "Alhamdulillah, sejak ada Satgas disini khususnya Sektor 21 Subsektor 05 jika ada sampah sedikit saja langsung dipungut hingga selalu bersih," pungkas Rustendi.**

Editor : H. Eddy D