Minggu, 9 Mei 2021 | 02:00 WIB

Lelang Pengelolaan Stadion GBLA untuk Mengoptimalkan Fungsinya

foto

Administrator

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial

BANDUNG, indoartnews.com ~ Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyatakan, pengelolaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) oleh pihak ke-3 menjadi jalan tengah untuk mengoptimalkan fungsi stadion.

Wali Kota Oded menegaskan hal itu di Pendopo Kota Bandung, Rabu (14/4-2021). Ini berarti, katanya, selain mengoptimalkan fungsi stadion sekaligus menghemat biaya pemeliharaan.

"Karena, kata Oded, amat berat jika hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bandung".

Oded berpendapat, jika tidak dikerjasamakan, tidak mungkin operasionalnya lewat APBD. Karena itu, harus dikerjasamakan dengan pihak ke-3.

Dari sisi regulasi, kata Oded pula, kerjasama dengan pihak ke-3 juga sudah tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 12 Tahun 2018 tentang pengelolaan Barang Milik Daerah.

Dikatakannya, skema pengelolaan serupa juga tidak menutup kemungkinan bakal berlaku untuk sejumlah aset sarana dan prasarana olahraga lainnya.

Dengan demikian Pemkot bisa mengalihkan anggaran pemeliharaannya dialihkan guna pelayanan masyarakat lainnya. Bukan hanya GBLA saja, beberapa tempat olahraga lainnya bisa dikerjasamakan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Eddy Marwoto mengaku sudah mengantongi Sertifikat Laik Fungsi (SLF). Kini tinggal menunggu hasil studi kelayakan untuk Stadion GBLA sebagai salah satu sarat administraso proses lelang.

"Untuk lelang, kata Eddy, kita sekarang sudah memroses SLF dan alhamdulillah sudah terbit. Kini sedang menunggu dari pihak ke-3 untuk feasibility study atau studi kelayakan".

Eddy mengungkapkan, untuk pengerjaan studi kelayakan, sesuai aturan terbaru bisa dilaksanakan oleh Dinas teknis di daerah. Hanya perlu merekrut pihak ke-3 sebagai bagian dari tim ahli.

Jika kelengkapan administrasi komplit, kata Eddy, proses berlanjut ke pembentukan tim panitia lelang dan bila semua proses berjalan lancar, lelang GBLA sudah selesai pada 2021 ini.

Bila sudah lengkap, akan dianalisa oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Kota Bandung bersama tim yang dibentuk oleh Kepwal, baru proses selanjutnya untuk pengumuman, jelasnya.**

Editor : H. Eddy D