Minggu, 18 April 2021 | 21:36 WIB

Di Tjibarani, Hasil dari Buruan Sae Dikemas Menjadi Piring Bicara

foto

Administrator

BANDUNG, indoartnews.com ~ Kini bermunculan inovasi dan kreativitas warga dalam menumbuhkan ekonomi mandiri. Warga Kp. Tjibarani Kel. Ledeng Kec. Cidadap Kota Bandung memanfaatkan hasil Buruan Sae dikemas menjadi Piring Bicara.

Salah seorang inisiator Kp. Tjibarani, Irsan, Rabu (24/2-2021) menyebutkan, Piring Bicara salah satu produk warga Kp. Tjibarani bisa disajikan dan disuplai ke restoran.

Menurut Irsan, Piring Bicara, masakan ala restoran yang dibuat oleh warga sesuai permintaan atau pesanan restoran. "Sesuai menu yang ada di restoran tersebut dengan bahan-bahannya berasal dari hasil panen Buruan Sae," ucap Irsan.

Sedang Piring Bicara, kata Irsan, salah satu produk warga yang layak disajikan dan disuplai ke restoran. Program ini mampu memberikan inovasi bagi warga untuk mengolah makanan kelas menengah ke atas.

"Karena, kata Irsan pula potensi di sini banyak restoran dan kafe. Menu biasa saja bisa dikemas dalam sajian yang mewah. Karena itu diharapkan program Buruan Sae mampu menyuplai sampai ke tingkat atas sehingga menghasilkan nilai ekonomis".

Buruan Sae mampu menyuplai dari bawah sampai ke atas. Setiap hotel, restoran atau cafe itu bisa menyajikan menu yang dimilikinya dari hasil tanaman Buruan Sae. Sekaligus juga menyampaikan pesan sampai kepada masyarakat sehingga para pengunjung restoran mengetahui program Pemerintah Kota Bandung dalam pengelolaan sayur dan tanaman.

Ia mengatakan, yang terpenting, makanan yang masuk pesanannya bisa diterima dan difahami bahwa Buruan Sae merupakan pola pengelolaan sayuran dari masyarakat.

Irsan menjelaskan, saat ini Piring Bicara baru menyuplai 2 restoran. Namun demikian, ia optimis akan terus berkembang dan bisa menyuplai lebih banyak.

Saat ini, katanya, langkah yang dilakukannya mendatangi hotel dan restoran menjajagi upaya pengembangan test food menu apa saja yang tersedia, nanti kita buat.@ Sementara Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengapresiasi inovasi yang tengah dilakukan warga dengan harapan di masa pandemi Covid 19 masyarakat harus mampu berinovasi mengikuti zaman.

Oded berpesan, agar Piring Bicara terus berkembang sehingga mampu memiliki nilai ekonomi, bisa dimanfaatkan warga dan memanfaatkan lahan menjadi produktif.

Sedangkan, Camat Cidadap, Hilda Hendrawan mendorong warga berinovasi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bandung dan siap mengedukasi bersama Dinas terkait kepada masyarakat dalam memanfaatkan lahan menjadi Buruan Sae. "Terus kenbangkan potensi warga untuk berinovasi dan berkolaborasi," pungkas Hilda.**

Editor : H. Eddy D