Minggu, 18 April 2021 | 21:32 WIB

Menyelesaikan Dosis Tahap Kedua SDM Kesehatan, & Usia di Atas 60

foto

Administrator

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanegara

BANDUNG, indoartnews.com ~ Pemerintah Kota Bandung pada tahap I masih menyelesaikan dosis tahap ke dua untuk SDM Kesehatan dan sasaran tambahan yang berusia 60 tahun. Hal itu sesuai dengan perluasan sasaran dan ketersediaan vaksin.

Hal itu dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanegara usai Rapat Evaluasi Penanganan Covid -19 di ruang Rapat Tata Praja Balai Kota Bandung, Rabu (17/2-2021).

Menurut Ahyani, prinsip pelaksanaan vaksinasi di Kota Bandung berdasar kepastian sasaran dan ketersediaan vaksin yang ditentulan oleh pemerintah pusat. "Itu yang selalu jadi pegangan kita dan masih menunggu arahan dimulainya tahap II," ujarnya.

Pemerintah pusat, katanya, masih mempersiapkan teknis pelaksanaan vaksinasi tahap II seperti fasilitas kesehatan, pola vaksinisasi hingga strategi percepatan vaksinivasi misalnya dilakukan secara massal.

"Persiapannya, misalnya ada yang diklinik, rumah sakit, mobile mendekati sasaran. Ada juga yang ke pasar, kantor-kantor seperti BUMN atau kesatuan yang memiliki fasilitas kesehatan," tandas Ahyani.

Sasaran tahap II seperti pekerja pabrik, pendidik, pegawai pemerintah, TNI, Polri, Satpol PP, pelayan publik seperti BUMN, Wartawan. Walau sudah tercantum di tahap II, jumlah penerima vaksinasi akan ditentukan oleh pemerintah pusat.

Ahyani menegaskan, penetapan sasaran dan jumlah penerima vaksinasi sangat dipengaruhi ketersediaan vaksin dari pusat. "Jadi tugas kita adalah mendapatkan vaksinnya dan melaksanakan vaksinasinya," pungkas Ahyani Raksanagara.**

Editor : H. Eddy D