Minggu, 18 April 2021 | 20:58 WIB

Okupansi Hotel di Kota Bandung Turun Sejak PPKM Tahap 1 Hingga 2

foto

Administrator

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari

BANDUNG, indoartnews.com ~ Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari mengemukakan, okupansi (hunian) hotel di kota ini sejak diberlakukannya PPKM atau PSBB tahap 1 hingga 2 hanya berkisar 10-20%. Terjadi penurunan pendapatan hotel yang biasanya sekitar Rp. 700 miliar menjadi sekitar Rp. 300 miliar.

Tapi menurut Kenny saat memberi keterangan kepada Humas di Balai Kota Bandung, Selasa (2/2-2021) masih wajar karena PSBB tidak hanya di Kota Bandung saja melainkan Jawa-Bali.

Namun demikian Kenny tetap berharap okupansi hotel di Kota Bandung bisa meningkat kembali sehingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak hotel tahun 2021 bisa mencapai target seperti sebelum Covid 19 sekitar 33%. Tahun 2020 yang biasanya sekitar Rp. 700 miliar turun sampai sekitar Rp. 300 miliar.

Karena itu, Kenny mengajak masyarakat, baik wisatawan mau pun pelaku usaha menaati aturan Pemerintah seperti menerapkan protokol kesehatan secara disiplin agar Kota Bandung bisa kembali lebih kondusif.

Selain okupansi hotel, kata Kenny, juga adanya penurunan untuk cafe dan restoran yang disebabkan adanya pengurangan jam operasional dan okupansi pengunjung.**

Editor : H. Eddy D.