Rabu, 27 Januari 2021 | 06:52 WIB

Dengan Kebersamaan, Covid -19 Kabur, Sekeluarga Sehat Kembali

foto

Elly Susanto

Yuyu Rusyati

BANDUNG, indoartnews.com ~ Dengan kebersamaan menaati protokol kesehatan, sekeluarga di Gang/Kel. Kebonpisang, Kec. Sumur Bandung Kota Bandung akhirnya selamat dan sehat kembali.

Hal tersebut dijelaskan Yuyu Rusyati (58) warga setempat yang juga aktif sebagai Kader PKK, hari Minggu (1/11-2020) mengenai adanya sekeluarga di Gang Kebonpisang yang diawali sakit ibunya.

Menurut Yuyu saat itu ibu dari keluarga itu sakit dan memang penyakitnya darah tinggi serta diabetes. Karena itu sang ibu diperiksa di RS Santosa. Dari hasil pemeriksaan dokter sang ibu lagi ngedrop dan terpapar Covid -19.

Karena itu, ucap Yuyu yang aktif di kepengurusan RW, sekeluarga yang berjumlah 9 orang diperiksa tim kesehatan, posisi mereka sebagai Orang Dalam Pengawasan (ODP). "Jadi, hanya ibunya saja yang terpapar Covid -19," jelas Yuyu lagi. 

Ia mengatakan, secara jujur dengan kabar itu warga jadi resah dan takut. Namun bagaimana pun kita harus simpati dan empagi kepada keluarga itu.

"Karena jika mereka sekeluarga sudah isolasi mandiri, posisi mereka dilarang pergi kemana-mana. Lantas siapa yang mengurus mereka. Sementara suasana pandemi belum mereda," kata Yuyu pula.

Upayanya, ujar Yuyu, semua tetangga membantu mereka yang isolasi mandiri sementara ibunya alias neneknya, dirawat dirawat di rumah sakit untuk selama 2 minggu.

"Dengan kebersamaan, mereka yang diisolasi mandiri dibantu selama 14 hari oleh para tetangga dan saudara-saudaranya di luar rumah akhirnya sembuh karena mereka patuh dengan protokol kesehatan," katanya pula.

Begitu 14 hari untuk ibunya yang dirawat di rumah sakit dan 14 hari bagi yang diisolasi mandiri selesai, mereka bisa bergerak sebagaimana biasa.

Sejak itu, Yuyu semakin gencar menyosialisasikan protokol kesehatan kepada warganya, yaitu warga harus selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun (3M-1T).**

Editor : H. Eddy D