Minggu, 29 November 2020 | 04:52 WIB

Warga Kelurahan Cicaheum Tidak Ada Yang Terpapar Covid-19

foto

Elly Susanto

Lurah Cicaheum, H. Sobirin S.Pd. MSi

BANDUNG, indoartnews.com ~ Lurah Cicaheum, Kecamatan Kiaracondong, BuH. Sobirin S.Pd.MSi menyatakan rasa syukurnya karena hingga kini warganya tidak ada yang terpapar Covid 19.

Penjelasannya ini ia kemukakan kepada wartawan indoartnews.com, Kamis (15/10-2020) di kantornya sehubungan dengan penerapan 3M 1T kepada warganya.

"Pernah ada kabar seorang warganya sakit. Tapi setelah diperiksa di Puskesmas ternyata bukan terpapar virus corona, melainkan sakit biasa.

Kondisi ini, tegasnya, karena setiap saat selalu kontrol kepada warga untuk menerapkan protokol kesehatan, salah satunya dengan pentingnya menerapkan kewajiban memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun (3M 1T).

Menurut Lurah Cicaheum yang berpenduduk 13.643 jiwa dalam 12 RW, 78 RT, ia sendiri sering turun kepada warga dari pintu ke pintu untuk menerapkan protokol kesehatan 3M 1T dan bersyukur segenap warganya menaati protokol kesehatan.

"Memang ada juga satu dua orang yang bandel namun terus diberi arahan tentang bahaya Covid 19 yang akhirnya mereka pun menjadi taat.

Demi menjaga kondisi kesehatan warganya, kata Haji Sobirin, pihaknya sering membagikan masker kepada warga yang membutuhkannya.

Bahkan kepada petugas Lintas Masyarakat (Linmas), jika hendak berkeliling selalu dibekali masker untuk diberikan kepada warga yang kebetulan keluar tanpa masker.

Sedangkan untuk menerapkan 3M 1T, katanya, ia sering terjun langsung ke setiap RW untuk mengecek penerapan protokol kesehatan di RWnya.

Sementara saat pelayanan di kantornya, kata Lurah Cicaheum, sebelum warga masuk diperiksa dulu pakai masker atau tidak, jika tidak memakai masker diberi masker kemudian dicek suhu badannya dan harus mencuci tangan.

"Bagi yang tidak memakai masker, kita beri masker dengan terlebih dahulu diberi pengarahan perlunya menaati protokol kesehatan, kata H. Sobirin.

"Warga yang datang untuk pelayanan administrasi walau saat istirahat petugas secara begilir tetap melayani. Jangan sampai mereka menunggu. Jadi warga yang datang tidak menunggu sampai selesai istirahat, " tegas Lurah Cicaheum.

Ia menyebutkan, pada saat pembagian sembako di Kelurahan warga berkerumun hingga petugas mengaturnya dengan jarak semeter dan yang masuk pun diatur dan disediakan 2 kursi di ruang dalam. "Kegiatan protokol ini saya maksimalkan di kantor Kelurahan ini, " ucap H. Sobirin mengakhiri keterangannya.**

Editor : H. Eddy D