Selasa, 26 Mei 2020 | 02:51 WIB

DPD KNPI Kota Bandung Kembali Gelar Webinar Series Ramadhan

foto

Administrator

BANDUNG, indoartnews.com ~ DPD KNPI Kota Bandung kembali menggelar Webinar Series Ramadhan Voleme 3, Rabu (13/5).

Kegiatan melalui aplikasi Zoom Meeting, mengangkat tema “Peran Desa Membangun Dalam Menyokong Ketahanan Pangan Selama Pandemi”. Agenda ini menghadirkan dua narasumber berkompeten di bidangnya, yakni, H. Dedi Sopandi, S.STP., M.Si yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat serta Dr. Horas Djulius, S.E., Ketua Program Studi Ekonomi FEB UNPAS Bandung.

Dalam pemaparannya, Dedi menyampaikan grafik tingkat pencapaian Provinsi Jawa Barat dalam menangani persoalan ekonomi dan pangan. “Hari ini kita sedang memasuki fase yang bisa kita sebut darurat kesehatan, darurat ekonomi dan pangan. Dengan mengoptimalkan desa sebagai ujung tombak dari agar jangan sampai kita masuk di fase darurat sosial politik, " kata narasumber yang akrab disapa Kang Dedi ini.

Di sisi lain, Horas menyampaikan, dalam menyoal ketahanan pangan, bisa dibagi tiga aspek, yakni, tata niaga, produsen (kesejahteraan petani) dan produksi. Diperlukan kerjasama antara pemerintah, masyarakat desa, dengan agen perubahan dari kalangan pemuda dan elemen kampus agar kita dapat membalikkan konsep membangun desa menjadi desa membangun.

Ia juga berharap peran aktif pemuda dan kampus dalam melakukan pendampingan di desa-desa. "Mengingat pandemi ini salah satu laboratorium hidup bagi kita, karena kita tidak akan pernah menemukan referensi terkait pandemi ini di buku-buku, " ungkapnya.

Sementara itu, Bena Aji Satria, Ketua Gugus Tugas Covid-19 DPD KNPI Kota Bandung, mengatakan, selain kegiatan webinar series, juga pada Jumat (14/5) akan diselenggarakan kembali acara serupa menyoal sikap atau pandanhan pemuda Kota Bandung terhadap kebijakan PSBB yang telah diberlakukan oleh Pemerintah.

“Dan insya allah, minggu depan kami juga akan mendistribusikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat bandung terdampak Covid-19, " katanya. 

Ketua DPD KNPI Kota Bandung Hendra Guntara yang sering disapa Hegun menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kang Dedi Sopandi selaku Kepala DPMD Jabar sekaligus Ketua DPD KNPI Kota Bandung Periode 2011-2014 juga selaku Sekertaris Wanhat KNPI Kota Bandung yang berkenan menyempatkan waktunya menjadi narasumber.

Ucapan serupa juga disampaikan kepada Pak Dr. Horas yang berkenan menjalin kerjasama dengan KNPI Kota Bandung dalam penyelenggaraan kegiatan ini. "Kami juga memohon maaf kepada semua yang hadir atas segala keterbatasan dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Mudah-mudahan, kita semua selalu diberikan kesabaran, kesehatan baik jasmani dan rohani dalam menghadapi masa pandemi covid-19 ini," pungkas Hegun.

Perlu diketahui, Ramadhan Webinar Series adalah kegiatan yang digagas DPD KNPI Kota Bandung dalam rangka mengisi kegiatan selama bulan suci Ramadhan. Seminar via online ini mengangkat isu atau membahas persoalan di berbagai bidang, dengan menyajikan narasumber-narasumber kompeten di bidangnya.**