Minggu, 27 Oktober 2024 | 07:19 WIB

Ikrar Netralitas ASN: Menjaga Profesionalisme dalam Pilkada Serentak 2024 di Bandung"

foto

BANDUNG, indoartnews.com ~ Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Taman Syurya Santana menyatakan, 8.921 Aparatur Sipil Negara (ASN) berikrar netral pada Pilkada Serentak 2024 yang akan diselenggarakan pada 27 November 2024.

Ikrar ini digelar guna memastikan ASN menjaga prinsip netralitas selama proses pemilu berlangsung sebagaimana distur dalam Undang Undang Nomor 20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara. 

Tantan menyatakan, 8.921 ASN di Dinas ini menyatakan akan bersikap netral pada Pilkada Serentak 2024. Dari jumlah itu 60% dari total ASN di kota ini. 

Ia menegaskan, pentingnya ASN untuk menjauhkan diri dari kegiatan politik praktis dan demi menjaga profesionalisme dan integritas. "Kami ASN di Disdik Kota Bandung berkomitmen tidak memihak, menghindari konflik kepentingan dan menggunakan media sosial secara bijak selama Pilkada sesuai amanat undang-undang. Harus netral," tegas Tantan. 

Sementara Pj. Wali Kota Bandung A. Koswara mengingatkan, netralitas ASN bukan hanya formalitas melainkan sebuah tanggungjawab sosial. "Netralitas ASN tidak berarti apatis namun tetap proaktif menjaga lingkungan dan mendorong partisipasi masyarakat dalam Pilkada. Kita harus berpegang pada aturan hukum dan tidak terlibat dalam kepentingan politik golongan," tegas Koswara. 

Pada akhir acara Koswara berharap ikrar netralitas ini dapat menjadi contoh baik bagi masyarakat.**

Editor : H. Eddy D