Rabu, 8 Desember 2021 | 02:10 WIB

Tersangka Pencuri HP Dibebaskan Berdasarkan Keadilan Restoratif

foto

Saat Robby Wijaya memaafkan Hendra Yohanes alias Acang yang telah mencuri HP miliknya, Jumat (19/11).

JAKARTA BARAT, indoartnews.com ~ Tersangka pencuri HP, Hendra Yohanes alias Acang dibebaskan berdasarkan Restorative Justice yang dikeluarkan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Barat karena adanya perdamaian antara saksi korban Robby Wijaya yang memaafkan tersangka dengan alasan kemanusiaan.

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Barat Dwi Agus Arfianto, alasan pembebasan itu juga karena terjadi perdamaian saksi korban memaafkan tersangka dan tersangka Acang beserta ibunya meminta maaf sehingga saksi korban tidak mempermasalahkan lagi telepon genggam miliknya untuk dikembalikan.

Dengan demikian, kata Kajari Jakarta Barat, Jumat (19/11), perkara tindak pidana pencurian itu dinyatakan ditutup demi hukum dan tidak dilanjutkan ke tahap persidangan.

Peristiwa itu berawal pada hari Jum'at 10 September 2021 saat saksi korban Robby Wijaya menemui temannya Andy Budianto di Optic Candys di jalan Kebayoran Lama Kelurahan Sukabumi Utara Kebun Jeruk Jakarta Barat saat ngobrol, telepon genggamnya diletakan di atas meja komputer tempat pemeriksaan mata.

Sejam kemudian Robby Wijaya menuju bengkel sepeda motor di Kebonjeruk dan HPnya tertinggal di meja komputer tempat pemeriksaan mata. Saat itu itulah Acang melihat HP itu dan mengambilnya. Perbuatan Acang itu diketahui saat pemiliknya kembali ke Optic itu tetapi HPnya tidak ditemukan.

Karena itu ia mengecek melalui CCTV di optic itu dan tampak Acang yang mengambil HP nya hingga dilaporkan kepada pihak berwajib.**

Editor : H. Eddy D