Senin, 6 Desember 2021 | 18:03 WIB

Bermaksud Mengelabui Petugas Lapas, Kirim Narkoba Lewat Speaker Aktif

foto

Paket narkoba di dalam speaker aktif yang dikirim lewat jasa ekspedisi.

PORONG, indoartnews.com ~ Petugas Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Timur berhasil menggagalkan pengiriman narkoba ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Porong Jatim. Pengiriman itu dilakukan melalui jasa ekspedisi dengan metode berdalih mengirimkan speaker aktif. 

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono menyatakan, speaker aktif itu dikirim ke Lapas Porong yang ditujukan untuk nama yang tidak dikenal. Saat ditelusuri, tidak ada nama pegawai mau pun warga binaan dengan nama tersebut.

"Namun paket tersebut diterima oleh seorang warga binaan yang jadi tahanan pendamping berinisial DD, narapidana kasus pencurian," jelas Krismono, Minggu (17/10/2021).

Selanjutnya, petugas Kasi Keamanan dan Ketertiban, Nurcahyo Wicaksono menanyakan kepada DD masalah peruntukannya yang dijawab untuk WBP berinisial RZ yang ditempatkan di Blok C, ujarnya pula.

Namun, katanya, sesuai SOP yang berlaku, barang itu dilarang masuk hingga petugas menggeledahnya. Sekilas tidak ada yang aneh. Karena speaker tersebut barang baru, lengkap dengan kardusnya masih baru dan bersegel. 

Namun kecurigaan petugas semakin kuat karena subwoofernya lebih berat dari biasanya. Petugas pun membongkar satu demi satu bagian dari speaker aktif itu, kata Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim seraya menambahkan, dari hasil pembongkaran itu, petugas menemukan ada bungkusan di dalam subwoofer. 

"Ternyata setelah bungkusan itu dibuka, isinya serbuk putih narkoba dan puluhan pil koplo. Kemudian petugas pub menyerahkan barang haram itu kepada Polsek Porong," pungkasnya.**

Editor : H. Eddy D