Selasa, 9 Agustus 2022 | 01:40 WIB

JPU : Investasi Bodong Doni Salmanan Keruk Rp.24,3 M dari para Korbannya

foto

BALE BANDUNG, indoartnews.com ~ Dengan bekal investasi bodong Quotex, Doni Salmanan mengeruk Rp.24,3 miliar dari para korbannya. Ini terungkap saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) membacakan praktek penipuan yang berkelok Quotex di Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung, Kab. Bandung Kamis (4/8/2022). 

JPU menyatakan, penipuan itu dilakukan Doni Salman dengan menyebarkan berita yang membuat masyarakat tertarik hingga menjadi konsumen dengan menggunakan jasa layanan Quotex. 

Dari catatan JPU, jumlah korbannya mencapai 142 orang. Dari mereka ini, ucap JPU korbannya mengalami kerugian mulai dari puluhan juta hingga miliaran rupiah. 

JPU menuturkan, dalam melakukan aksinya itu diduga Doni Salmanan menggunakan media sosial YouTube dengan nama King Salmanan untuk meningkatkan jumlah peserta, mengajak dan memengaruhi korbannya berinvestasi di aplikasi Quoyex dengan cara deposit. 

"Setelah para member mendepositokan uangnya, mereka pun mengikuti cara-cara bermain yang diajarkan Doni Salmanan. Namun ketika mencoba beberapa kali bermain selalu gagal sehingga menjadi rugi," kata JPU. 

Atas aksinya itu, terdakwa Doni Salmanan dijerat Pasal 45A ayat (1) jo Pasal 28 ayat (1) UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Sidang ini berlangsung secara hybrid. 

Saat persidangan itu, di luar gedung PN Bale Endah banyak karangan bunga dari para korbannya yang intinya mengutuk perbuatan dan meminta uangnya dikembalikan terdakwa Doni Salmanan.**

Editor : H. Eddy D