Warga Cimahi Utara Apresiasi Satgas Citarum Harum Subsektor 14

Ken Zanindha | 25 April 2021 03:26:24

()

CIMAHI UTARA, indoartnews.com ~ Warga Kec. Cimahi Utara mengapresiasi Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 14 yang selama ini secara teratur selalu membersihkan sungai hingga selokan-selokan dari sampah dan limbah.

Apresiasi warga Cimahi Utara ini disampaikan melalui Ros, Elah Roliah dan Imas Rostini warga Kp. Ciawitali RT 4 RW 9 Kel. Citeureup, Sabtu (24/4-2021).

Menurut Ros, Satgas Citarum Harum Subsektor 14, selalu membersihkan sungai hingga ke anak-anak sungai dan selokan-selokan.

Selain itu, kata Ros, Satgas pun selalu mensosialisasikan pentingnya sungai dan anak-anak sungai bersih dan bebas sampah. Sebab, jika sungai penuh sampah akan menyebabkan mampetnya sungai hingga menimbulkan banjir. 

"Penyakit pun akan muncul jika kondisi sungai dan lingkungan kotor, banyak sampah sehingga lalat pun berseliweran membawa penyakit dan hinggap di makanan," ucap Ros yang diiyakan saudara-saudaranya.

Ros pun menyaksikan, Satgas Citarum Harum selalu giat membersihkan sungai dan kini dibantu pula oleh warga karena juga sudah menyadari pentingnya kebersihan setelah Satgas selalu berkomunikasi sosial dengan warga. "Warga kini tidak lagi membuang sampah sembarangan, khususnya ke sungai," ujar Ros pula.

Ia mengapresiasi pula, terharu dan kagum kepada mereka. Padahal mereka itu berpangkat tetapi mau turun membersihkan anak-anak sungai beserta selokan-selokan.

Ros pun bercerita, sebelum Satgas Citarum Harum turun bersih-bersih sungai, di selokan-selokan sampah menumpuk hingga alirannya mampet. Tapi sekarang sudah pada bersih.

"Kini, sungai Cimahi sudah bersih dan rumput-rumput liar di bantaran sungai sudah bersih dicabuti. Kondisi bersih dan jauh berbeda sebelum Satgas turun.

"Saya berharap, kata Ros, masyarakat harus tetap sadar jangan membuang sampah sembarangan, terutama ke sungai. Kan ada tempat pembuangan sampah akhir (TPA) yang pada hari yang sudah pasti diangkut sampahnya oleh petugas Dinas Kebersihan".

Ros, Elah Rohliah dan Imas Rostini juga memuji sekarang ini, ibu-ibu rajin dan kreatif. Contohnya, bekas bungkus kopi dikumpulkan dan dibuat kerajinan bahkan ada yang dibuat semacam tikar dari bungkus kopi, sajadah, tas dan dompet bahkan dibuat untuk pot bunga. Ini mungkin pengaruh Satgas yang suka sosialisasi kebersihan.**

Editor : H. Eddy D