Pemkot Bandung Harap Prof. Mochtar Mendapat Gelar Pahlawan Nasional

Elly Susanto | 07 June 2021 13:02:50

()

BANDUNG, indoartnews.com ~ Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berharap Prof. DR. Mochtar Kusumaatmadja mendapat gelar pahlawan. Namun, semua itu sepenuhnya kewenangan Pemerintah Pusat. "Mudah-mudahan dapat dipertimbangkan," ucap Wali Kota Bandung, Oded M. Danial.

Harapannya itu dikemukakan Ahad (6/6-2021) sehubungan dengan wafatnya Prof. DR. Mochtar Kusumaatmadja SH, LLM pada Ahad 6 Juni 2021 di Jakarta.

"Saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Bandung menyampaikan bela sungkawa dan duka cita mendalam atas kepergian almarhum," ucap Oded.

Prof. DR. Mochtar Kusumaatmadja adalah putra Sunda kelahiran Jakarta yang namanya harum, tidak hanya di tingkat nasional juga di tingkat internasional.

"Beliau merupakan Guru Besar dan pernah menjabat Dekan di Fakultas Hukum dan Rektor di Universitas Padjadjaran Bandung, Menteri Kehakiman Kabinet Pembangunan II (1973-1978) dan Menteri Luar Negeri Kabinet Pembangunan III & IV (1978-1988).

Salah satu kontribusi bagi negara adalah upayanya yang sangat gigih memperjuangkan Wawasan Nusantara dan pengakuan negara Republik Indonesia sebagai negara kepulauan juga dengan kawasan Zona Ekonomi Eksklusif sepanjang 12 km dari tepi pantai terluar yang diakui sebagai wilayah kedaulatan negara Republik Indonesia.

"Perjuangan dan kontribusinya bagi bangsa dan negara sudah selayaknya mendapatkan penghargaan dari Pemerintah. Misalnya, gelar pahlawan. Namun, kita serahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Pusat agar dipertimbangkan," pungkas Oded.**

Editor : Eddy D