Kol. Mulyono ; Citarum Tak Tercemar Limbah Lagi Ikan Bisa Hidup, Anak-anak Pun Berenang

Elly Susanto | 09 February 2021 06:56:27

Persiapan jelang kunjungan Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto ke Sektor 4 Majalaya giat menebar ikan di sungai Citarum dan penanaman pohon.()

MAJALAYA, indoartnews.com ~ Dansektor 4 Majalaya Satgas Citarum Harum, Kol. Inf. Mulyono HS menyatakan, kini sungai Citarum khususnya di wilayahnya tidak tercemar limbah lagi dan airnya sudah bersih.

"Ini bisa dibuktikan dengan ikan-ikan bisa hidup dan anak-anak di sekitar aliran sungai sudah mulai mandi dan berenang tanpa khawatir ada limbah pabrik," ujar Dansektor 4 Majalaya kepada wartawan, Senin (8/2-2021).

Menurut Kolonel Mulyono, pencemaran akibat limbah pabrik di wilayah Sektor 4, sudah diminimalisir setelah manajemen pabrik mengolah limbahnya melalui proses pengolahan di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Dansektor 4 mengatakan, rencananya, Pangdam III/Slw akan kunjungan kerja ke Sektor 4 pada Kamis (11/2-2021). Karena itu jajaran Satgas Sektor 4 Citarum Harum melaksanakan berbagai kegiatan untuk menebar ikan di aliran Citarum Kp. Radug Balekambang Desa Sukamaju Kec. Majalaya.

Penebaran ikan ini, kata Dansektor 4, guna memastikan aliran sungai Citarum sudah tidak tercemar limbah cair pabrik. Demikian pula pencemaran lingkungan sudah diminimalisir.

"Selain itu Pangdam pun akan menanam pohon produktif di sekitar bantaran sungai tidak jauh dari tempat penebaran ikan, " kata Dansektor 4 seraya menambahkan, jenis pohon produktif itu pohon buah-buahan yang bisa dinikmati warga.@ Ia menyebutkan dalam kunjungannya ke Sektor 4 Pangdam juga akan menyusuri aliran sungai Citarum dan meninjau Posko Gabungan Siaga Bencana Sektor 4.

Kolonel Mulyono mengatakan pula, dalam melaksanakan tugasnya di lapangan, Satgas tidak berfikir sepihak. Namun untuk itu perlu pembinaan dan edukasi untuk mengelola IPAL pabrik. "Supaya, katanya, sejumlah pihak sama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan," tukasnya.**

Editor : H. Eddy D