Rabu, 1 Desember 2021 | 16:31 WIB

Perlu Perbaikan Kondisi Balai Pengembangan Bibit Unggas

foto

Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Kunjungi UPTD Balai Pengembangan Pembibitan Ternak Unggas, Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Rabu (01/09/2021)

MAJALENGKA, indoartnews.com ~ Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat, Faisal Hafan Farid menjelaskan, kondisi Balai Pengembangan Bibit Unggas di Jatiwangi Kab. Majalengka memerlukan perbaikan, khususnya pada fasilitas kandang pembesaran.

Faizal mengemukakan hal itu dalam kunjungan kerja Komisi II DPRD Jabar ke Jatiwangi Kab. Majalengka, Rabu (1/9-2021) seraya menyebutkan, beberapa fasilitas di Balai ini rusak seperti kandang pembesaran, kendala dalam pembibitan, mesin tetas yang sudah usang dan tua. 

Untuk itu, pihaknya akan mengusulkan untuk perbaikan sarana dan penambahan mesin tetas untuk Balai itu dengan memfokuskan anggaran pada sarana penunjang usaha pembibitan itu.

"Ini satu-satunya tempat pembibitan ayam khas Jawa Barat (ayam sentul) nanti kita bicara dengan Dinas bagaimana menanggulangi persoalan tempat BPLH ini yang memang mengalami refocusing yang menyebabkan operasional terganggu. Tentunya kita akan coba sampaikan di anggaran perubahan tahun 2021, " ucap Faizal.

Faizal menyebutkan, berkurangnya bantuan bibit unggas kepada masyarakat akibat refocusing anggaran Balai yang semula di angka 50.000 turun menjadi hanya 20.000. "Perlu penambahan anggaran untuk penyaluran pemanfaatan balai agar dapat membantu kebutuhan masyarakat," ucapnya.

Karena pemanfaatan kepada masyarakat harus tercermin dari adanya bentuk penambahan anggaran untuk menambah pembibitan ayam," pungkasnya.**

Editor : H. Eddy D