Rabu, 1 Desember 2021 | 15:45 WIB

H. Casnanto : Sejak Ada Satgas di Sirahgajah Warga Tak Mengalami Banjir Lagi

foto

Ken Zanindha

H. Casnanto didampingi Koptu Ngadiman saat diwawancarai indoartnews.com di bantaran sungai Cikijing kampung Sirahgajah, desa Nanjungmekar, Kab. Bandung, Rabu (25/8).

BANDUNG, indoartnews.com ~ Warga Kampung Sirahgajah Desa Nanjungmekar Kec. Rancaekek Kab. Bandung khususnya yang tinggal di sekitar aliran Cimande sering kebanjiran jika musim hujan.

Ini akibat Sungai Cimande yang penuh sampah dan terjadi pelumpuran atau sedimentasi. Aparat Kelurahan bersama warga pernah mengeruk sungai itu dengan alat seadanya. Namun banjir sering terjadi.

Haji Casnanto warga Griya Permata Raya Kp. Sirahgajah desa Nanjungmekar mengiyakan kejadian sebelum ada Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 01 Rancaekek. 

"Saya sering melihat Satgas bersama warga membersihkan aliran sungai Cimande. Aktivitas itu terkadang gabungan warga di sini dengan warga beserta Satgas Subsektor 15 Sumedang," ujar H. Casnanto kepada indoartnews.com di bantaran sungai Cikijing RW 14, Rabu (25/8-2021).

Ia menceriterakan, dulu sungai ini sempit akibat banyak sampah dan lumpur sehingga jika hujan air sungai ini meluap sampai membanjiri rumah warga.

 

Serma Samsudin, Satgas Sektor 21 Subsektor 01 Rancaekek.

"Sekarang, alhamdulillah sejak Satgas turun tangan membersihkan sampah dan mengeruk sedimen/lumpur, tidak ada banjir lagi. Jika pun saat musim hujan cuma menggenang di bantaran sungai, itu pun sebentar," tegasnya. 

Ia pun menyebutkan, dulu pernah warga dan aparat desa mengeruk secara manual sungai ini hingga hasilnya tidak maksimal. Sedangkan dikeruk oleh Satgas menggunakan alat berat. "Alhamdulillah sungainya sudah dalam dan bersih," ucap H. Casnanto.

Ia merasa khawatir jika Satgas sudah tidak bertugas lagi. "Saya berharap untuk meneruskan tapak lacak Satgas ini, warga dapat melanjutkannya dan itu kan untuk kita juga," harapnya.

"Alhamdulillah mudah-mudahan dengan seringnya warga ikut bareng Satgas membersihkan sungai dan lingkungan akan jadi bekal untuk ke depan jika Satgas tida ada lagi. Saya senang dan suka juga ikut membersihkan sungai," pungkas Casnanto. 

Sedangkan Satgas Subsektor 01 Rancaekek, Serma Samsudin didampingi Satgas Koptu Ngadiman mengatakan, hampir tiap hari setelah membersihkan aliran sungai, Satgas selalu melaksanakan patroli dan komunikasi sosial dengan warga khususnya yang berada di wilayah Sub 01.

Ia menilai kesadaran warga sudah mulai terbangun dalam memelihara kebersihan lingkungan. Mereka sering bersama Satgas ikut berkarya bhakti membersihkan aliran sungai, ucap Serma Samsudin.**

Editor : H. Eddy D