Selasa, 21 September 2021 | 17:30 WIB

Yunandar ; Lahan Kritis di Jabar Bernilai Ekonomis Jika Dikelola Baik

foto

Sekretaris Komisi II DPRD, Provinsi Jawa Barat Yunandar Eka Perwira saat memimpin Rapat Evaluasi dengan Dinas Kehutanan di Kantor UPTD Balai Sertifikasi Tanaman Hutan (SPTH), Rabu (19/05/2021). (Foto : M. Sidiq/Humas DPRD Jabar).

BANDUNG, indoartnews.com ~ Sekretaris Komisi II DPRD Jawa Barat Yunandar Eka Perwira mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dapat membangun fasilitas perizinan terpadu untuk memudahkan masyarakat mengurus perizinan untuk memulai usahanya.

Harapan Sekretaris Komisi II DPRD Jabar itu dikemukakannya Senin (18/5-2021) sehubungan dengan masalah perizinan masih menjadi kendala bagi para pelaku usaha yang ingin mengembangkan usahanya.

"Untuk itu, kata Yunandar, para pelaku usaha UMKM perlu melek online. Karena ketidakpahaman dalam mengakses perizinan berbasis internet menjadi ganjalan bagi para pelaku usaha untuk memulai mengurus perizinannya".

Salah satu idenya itu bagaimana membangun suatu fasilitas terpadu. "Jadi mulai dari perizinan, permodalan, pelatihan dan kemudian pemasaran ada di suatu tempat," ucap Yunandar.

Ia yakin dengan hadirnya perizinan terpadu, masyarakat yang ingin mengembangkan produk hasil usahanya dapat terfasilitasi di suatu tempat tersebut.

"Semacam Mall UMKM sehingga akan mempermudah. Jadi tidak harus berpikir kemana lagi sekarang atau harus apalagi. Fasilitas ini harus ada di setiap Kabupaten/Kota di Jawa Barat," pungkas Yunandar Eka Perwira.**

Editor : H. Eddy D