Rabu, 1 Desember 2021 | 17:14 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Komcad Guna Perbesar Komponen Utama

foto

Penyambutan Presiden RI Joko Widodo di Lapangan Hitam Pusdiklatpassus Batujajar Cililin Kab. Bandung Barat, Kamis (7/10/2021).

BANDUNG BARAT, indoartnews.com ~ Presiden Ir. H. Joko Widodo meresmikan Penetapan Peresmian Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat Angkatan Pertama TA 2021 di Lapangan Hitam Pusdiklatpassus Batujajar Cililin Kab. Bandung Barat, Kamis (7/10-2021).

Tampak hadir dalam acara itu, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono SE, MM yang didampingi Danlanal Bandung, Kol. Laut (KH/W) Tresna Kusumawati, SPd, MAP, CHRMP. 

Maksud tujuan peresmian Komcad tahap pertama ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021. PP itu menyebut Komcad sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama yang dimaksud Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Presiden Joko Widodo menetapkan Komcad TNI tahun 2021 di Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kab. Bandung Barat. Total ada 3.103 orang yang ditetapkan dalam upacara Penetapan Komcad TNI tahun anggaran 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19 yang ketat. 

Komcad terdiri dari warga negara, sumber daya alam (SDM), sumber daya buatan (SDB), sarana dan prasarana nasional. 

Pembentukan Komcad terdiri atas sejumlah tahapan, mulai dari pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran dan penetapan.**

Editor : H. Eddy D