Sosok Asep Sobari yang Peduli Terhadap Lingkungan di Sektor 21-04 Cidurian

Ken Zanindha | 10 September 2021 13:15:08

Kepala Dusun 1 kampung Rancaoray, Asep Sobari melaksanakan giat pembersihan membantu Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 04 Cidurian ()

KAB. BANDUNG, indoartnews.com ~ Banyak keberhasilan setelah hadirnya Satgas Citarum Harum, khususnya Sektor 21 sehingga sungai-sungai bersih dan bebas sampah. 

Selain Satgas Citarum Harum, salah satunya yang ikut membantu menyukseskan program Citarum Harum di Sektor 21 Subsektor 04 Cidurian adalah Asep Sobari.

Asep, panggilan akrabnya, merupakan Kepala Dusun 1 Kampung Rancaoray, Desa buahbatu, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. 

Asep pun merupakan salah satu dari tiga kandidat calon Kepala Desa Buahbatu yang akan menggantikan Kepala Desa terdahulu yang telah meninggal. Maka dari itu akan diadakan pemilihan Pengganti Antar Waktu (PAW) untuk melanjutkan sampai 2024.

Sosoknya hampir selalu hadir pada setiap kegiatan Satgas Citarum 21, khususnya di Subsektor 04 Cidurian untuk ikut membantu membersihkan sungai.

Asep mengatakan kehadiran Satgas Citarum Harum telah mengubah paradigma masyarakat, yang tadinya sering membuang sampah ke sungai, kini tidak lagi membuang sampah sembarangan.

“Saya berterima kasih atas kehadiran para personel Satgas Citarum Harum khususnya Subsektor 04 Cidurian. Terutama kepada Dansektor 21 yang telah membantu masyarakat desa buahbatu,” kata Asep saat ditemui awak media di bantaran Sungai Cikapundung, beberapa waktu lalu.

Dirinya juga mengutarakan keluhannya terhadap instansi terkait, mengenai sedimentasi di bantaran Sungai Cidurian yang telah mencapai 2 meter.

“Saya berharap dari instansi terkait yang punya wewenang seperti Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), untuk memberikan bantuan mengangkat sedimentasi, karena air bisa meluap dan mengakibatkan banjir,” harapnya.

Selain itu, harapan Asep adalah dibangunnya tanggul agar petani di Rancaoray tidak kekurangan air karena air tidak bisa dipisahkan dengan lahan pertanian.

“Seandainya ditakdirkan jadi Kepala Desa Buahbatu, saya akan lebih meningkatkan lagi pemeliharaan sarana umum termasuk aliran sungai, karena sungai merupakan urat nadi perekonomian dan untuk kesejahteraan masyarakat,” tutup Asep.**