Satgas Subsektor 02 Solokanjeruk Gelar Pembersihan dan Komsos Guna Lindungi Sungai Citarik

Elly Susanto | 28 September 2024 22:12:11

()

SOLOKANJERUK, indoartnews.com ~ Satgas Citarum Harum Sektor 21 Sub Sektor 02 Solokanjeruk dipimpin Dansubsektor nya Serma Andri Hari Irawan, melaksanakan kegiatan pembersihan di bantaran Sungai Citarik, Desa Cibodas, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung. 

Kegiatan yang dilakukan pada Sabtu (28/9/2024) pagi, mencakup pembersihan rumput dan sampah di area sepanjang ±100 meter. Dalam aksi tersebut, tim berhasil mengangkut sekitar 100 kg sampah yang berserakan di sekitar sungai.

Pembersihan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan dalam pemulihan Sungai Citarum yang telah lama tercemar. Setelah kegiatan pembersihan, Satgas melanjutkan dengan patroli sungai untuk memeriksa adanya limbah cair dan limbah domestik yang mencemari aliran sungai.

Tak hanya itu, personel Satgas juga melakukan komunikasi sosial (Komsos) dengan warga sekitar. Dalam pertemuan tersebut, Serma Andri Hari Irawan mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai atau sembarangan.

Ia juga menekankan pentingnya memilah sampah dari sumbernya, yakni rumah masing-masing, untuk mencegah sampah rumah tangga berakhir di sungai.1 “Melalui Komsos ini, kami ingin mengedukasi warga untuk lebih peduli terhadap kebersihan sungai dan lingkungan sekitar. Ini adalah tanggung jawab bersama,” ujar Serma Andri.

Melalui serangkaian kegiatan ini, Satgas Citarum Harum Sub Sektor 2 berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai demi kelestarian lingkungan dan kualitas hidup yang lebih baik.**