Pemkot Bandung Urai Kemacetan dengan Pembangunan BIUTR

Elly Susanto | 10 October 2024 14:21:08

()

BANDUNG, indoartnews.com ~ Pj. Wali Kota Bandung, A. Koswara menyatakan untuk mengurai kemacetan lalu lintas di kotanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya untuk mengakselerasi pembangunan Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR).

"Target sampai tahun 2025 review desain. Kita cek lagi desain karena ada kemungkinan trasenya diperbaiki supaya supaya memenuhi standar sebagai jalan tol," kata A. Koswara, Rabu (9/102024) seraya menyebutkan, eksisting kondisi target pembangunan pastinya berubah sehingga butuh evaluasi untuk pembangunan yang maksimal.

"Kondisi di lapangan berubah. Ada fly over, pembangunan gedung. Jadi tingkat kesulitan pembangunan dievaluasi lagi, " ungkapnya.yang juga menyebutkan secara keseluruhan proyek BIUTR itu sudah diambil oleh Pemerintah pusat. Daerah tinggal mendukung dan pengkondisian sosial di masyarakat.

Perihal Detail Engineering Desain (DED) dan lelang investasi akan dilaksanakan tahun 2025 dan DED ini merupakan dokumen desain teknis yang mendetailkan semua aspek proyek konstruksi seperti desain struktural dan spesifikasi material.

"Jadi DED tahun 2025 lelang investasinya. Jika selesai DED dan lelang, hingga tahun 2026 harus mulai instruksinya," tuturnya. Target rampungnya pembangunan, kata Koswara, tergantung dari lahan yang akan menjadi target.

"Biasanya yang menjadi kendala itu soal lahan. Mudah-mudahan karena sudah dipersiapkan lebih lama, lahan bisa teratasi dibantu semua pihak," ujar Koswara. Untuk rute dari Jalan Pasteur - Gasibu. Alternatif pertama ke Cicaheum dan alternatif kedua masuk ke jalan Supratman - Antapani. **

Editor : H. Eddy D