Pemkot Bandung Uji cobakan QRIS untuk Alat Pembayaran Parkir

Elly Susanto | 11 October 2024 14:16:48

()

BANDUNG, indoartnews.com ~ Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung memulai uji coba sistem pembayaran parkir non tunai menggunakan QRIS, Kamis 10 Oktober 2024. Uji coba dilakukan di area parkir tepi jalan Banceuy - Jalan Pecinan dan jalan ABC. Bahkan 25 juru parkir telah menggunakan rompi dan ID Card QRIS.

Plt Kadishub Kota Bandung Asep Koswara menjelaskan, langkah ini dilakukan demi memudahkan masyarakat membayar parkir dan mengoptimalkan restribusi serta mencegah kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Di era yang serba digital merupakan terobosan baru yang memudahkan masyarakat membayar biaya parkir dengan cara memindai (scan) QR Code yang tertera pada rompi juru parkir atau ID Card," ucapnya.

Menurut Asep Koswara uji coba ini dilaksanakan selama sebulan ke depan yang akan diawasi untuk evaluasi dan analisa sebelum diperluas ke lokasi lainnya.

"Jika sudah tidak ada kendala ini akan diperluas lagi ke lokasi - lokasi lainnya," ujarnya. Salah seorang juru parkir di Jalan Banceuy, Usep mengaku sangat antusias dengan adanya inovasi pembayaran parkir secara non tunai ini.

"Sebelumnya telah lebih dahulu disosialisasikan membayar biaya parkir mengunakan QRIS sesuai, " ucap Ucep seraya menyebutkan, parkir di 3 jalan itu menggunakan QRIS sesuai dengan tarif yang dikenakan, pungkas Ucep.**

Editor : H. Eddy D