Oded Harap BBWS Atasi Bantaran Sungai Cidurian yang Longsor di TPU Cikutra

Elly Susanto | 03 May 2020 23:37:36

()

BANDUNG, indoartnews.com ~ Walikota Bandung, Oded M. Danial hari Ahad kemarin (3/5-2020) meninjau bencana longsor di TPU Cikutra yang menggerus puluhan makam. Bencana itu terjadi akibat pada Jum'at (1/5-2020) hujan mengguyur Kota Bandung hingga Sabtu pagi.

Menurut Oded ke 37 jenazah yang tergusur longsor, harus segera dipindahkan makamnya ke tempat yang lebih aman karena khawatir terus mengguyur Kota Bandung hingga bisa menimbulkan longsor lagi.

Dalam hal ini Walikota Oded telah berkomunikasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) agar masalah bantaran sungai Cidurian yang longsor tepat di lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikutra segera diatasi. Karena meski Pemkot Bandung bisa memperbaikinya namun kewenangan sungai berada di bawah kewenangan BBWS.

"Nanti kita akan atasi sementara dan sudah berkoordinasi dengan BBWS. Karena jika mau permanen sungai, itu urusan BBWS," tegas Oded Kepada Dinas Pekerjaan Umum untuk membuat tanggul sementara untuk mencegah longsoran terus meluas mengingat intensitas hujan masih tinggi. 

Di lain pihak, Kepala Dinas Tata Ruang Kota Bandung Iskandar Zulkarnain mengatakan, pihaknya masih terus memindahkan jenazah dari makam yang terdampak longsoran. Pemkot sendiri tetap bertekad mengamankan semua makam tak terkecuali milik pribadi.

Pemakaman hanya dialihkan jenazah saja ke blok G dan blok F karena yang tergerus di blok E dan sebagian di blok F yang disitu ada 6 makam wakaf walau tidak dikelola Pemkot tetapi tetap juga ditangani.**