Malam Final Pasanggiri Mojang Jajaka 2024, Cimahi Gaungkan Pariwisata dan Budaya

Elly Susanto | 18 October 2024 11:54:38

()

CIMAHI, indoartnews.com ~ Pemerintah Kota Cimahi, melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disbudparpora), bekerja sama dengan Paguyuban Mojang Jajaka Kota Cimahi, sukses menggelar malam grand final Pasanggiri Mojang Jajaka 2024. Acara puncak tersebut diadakan di Convention Hall Cimahi Techno Park pada Kamis, 17 Oktober 2024.

Sebanyak 110 peserta, terdiri dari 90 Mojang dan 20 Jajaka, mengikuti ajang ini. Setelah melalui proses seleksi ketat, hanya 22 finalis yang berhasil melaju ke babak grand final. Para finalis tersebut berkompetisi memperebutkan sejumlah gelar prestisius, seperti Mojang Jajaka Pinilih, Wakil 1, Wakil 2, serta penghargaan khusus seperti Kameumeut, Parigel, Kewes, dan Mimitran.

Penjabat Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, menekankan pentingnya wawasan dan pengetahuan yang dimiliki para kontestan. Ia berharap mereka yang terpilih sebagai Mojang dan Jajaka Pinilih bisa berperan aktif sebagai duta pariwisata Kota Cimahi.

"Kegiatan ini seharusnya dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan generasi muda agar dapat menjadi Duta Seni, Budaya, dan Pariwisata. Ini juga merupakan wadah positif bagi generasi muda Cimahi untuk menyalurkan minat dan bakat mereka," ujar Dicky.

Lebih lanjut, Dicky berharap Mojang dan Jajaka Kota Cimahi tidak hanya menjadi ikon pariwisata, tetapi juga mampu mendukung program pembangunan Kota Cimahi. “Mereka diharapkan menjadi duta Cimahi yang dapat memberikan contoh baik bagi generasi muda lainnya serta memperkenalkan potensi wisata dan budaya kota ini. Kita ingin Cimahi dikenal sebagai kota yang 'campernik' (cantik dan menarik),” tambahnya.

Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Cimahi merupakan acara dua tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Disbudparpora sebagai upaya pembinaan generasi muda, sekaligus mengembangkan potensi seni, budaya, pariwisata, dan ekonomi kreatif di Cimahi dan Jawa Barat. Para pemenang dari kompetisi ini akan mewakili Cimahi di ajang Pasanggiri Mojang Jajaka tingkat Provinsi Jawa Barat.

Selama tiga bulan, rangkaian kegiatan Pasanggiri Mojang Jajaka ini meliputi berbagai tahapan seleksi, mulai dari audisi, penilaian pengetahuan umum, seni, budaya, hingga sesi unjuk kabisa (pertunjukan bakat). Para finalis juga menjalani penjurian dari berbagai aspek, termasuk pengetahuan daerah dan pariwisata, serta sesi photoshoot profesional. Penilaian dilakukan secara ketat dan profesional untuk memastikan finalis tidak hanya memiliki penampilan yang menarik, tetapi juga wawasan yang luas.

Sosok Mojang dan Jajaka diharapkan dapat menjadi ikon budaya dan pariwisata yang mengoptimalkan peran mereka dalam mempromosikan daya tarik wisata Cimahi. "Masih banyak masyarakat yang belum mengenal potensi wisata dan budaya lokal. Diharapkan, Mojang dan Jajaka dapat mendongkrak popularitas daya tarik tersebut," ujar salah satu panitia.@ Berikut daftar pemenang Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Cimahi 2024:

•Mojang Pinilih: Sierra Oktriasa •Jajaka Pinilih: Alden Hugo Daffa Sampurno

•Mojang Wakil 1: Livia Nadhira Silva

•Jajaka Wakil 1: Mugia Fata Rafif

•Mojang Wakil 2: Alya Fazira

•Jajaka Wakil 2: Muhammad Fathurrahman •Mojang Gandes: Siti Auliya Zalika Zenni •Jajaka Kewes: Fajar Apriyadi

Mojang Kameumeut: Vina Junita

•Jajaka Kameumeut: Farel Narendra Mojang Parigel: Fadhya Fairy

•Jajaka Parigel: Kevin Musalim Anwar Lewi •Mojang Mimitran: Kirana Erlinda Yasmin •Jajaka Mimitran: Ariiq Muammar

Dengan terselenggaranya acara ini, diharapkan generasi muda Cimahi semakin terpacu untuk berperan dalam pelestarian budaya dan pengembangan pariwisata daerah.**