Kota Bandung Jadi Pilot Proyek Pengembangan Tanah Konsep TOD

Elly Susanto | 14 October 2024 22:06:56

()

BANDUNG, indoartnews.com ~ Direktur Konsolidasi Tanah dan Pengembangan Pertanahan Kementerian ATR/BPN, Mazwar menjelaskan, Kota Bandung ditetapkan sebagai pilot proyek pengembangan tanah dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) khususnya di Gedebage. 

Proyek ini menurut Mazwar, digagas oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Tujuannya mengoptimalkan pemanfaatan lahan melalui pengembangan kawasan yang terintegrasi dengan transportasi massal. 

Mazwar menjelaskan, Gedebage dipilih karena posisinya luas, lahan yang masih belum dimanfaatkan secara optimal. "Pengembangan TOD di Gedebage akan menjadi langkah penting dalam pembangunan berkelanjutan di Kota Bandung, khususnya di wilayah timur," ucap Mazwar di Balai Kota Bandung, Senin (14/10/2024).

Konsep TOD di Gedebage, tidak hanya fokus pada peningkatan konektivitas transportasi juga bertujuan mengembangkan kawasan itu secara lebih produktif dan juga ramah lingkungan. 

Sebagai bagian dari rencana pembangunan ini, Pemerintah Kota Bandung mengusulkan adanya Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) yang dapat menghasilkan energi terbarukan demi menegaskan komitmen Kota dalam menciptakan lingkungan berkelanjutan 

"Kami amat mendukung inisiatif pengembangan TOD. Ini bisa jadi contoh untuk pengembangan wilayah lain di Kota Bandung, " ucap Pj. Wali Kota Bandung A. Koswara seraya menyebutkan proyek ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Bandung Timur dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dengan luas area 77 Ha, Gedebage diproyeksikan menjadi kawasan modern yang terintegrasi dengan transportasi publik.

Pengembangan TOD Gedebage menjadi salah satu proyek percontohan dari Kementerian ATR/BPN untuk memaksimalkan penggunaan tanah di Indonesia dan mendukung agenda pembangunan berkelanjutan yang berbasis pada transportasi. **

Editor : H. Eddy D