Kelurahan Jatisari Miliki Grup Angklung Anggotanya Lansia Berbagai Suku

Elly Susanto | 29 September 2024 13:59:59

()

BANDUNG, indoartnews.com ~ Een Haryani, Lurah Jatisari Kec. Buahbatu Bandung menjelaskan, di Kelurahannya saat ini memiliki grup angklung lansia berbagai suku dan agama. "Ada suku Batak, Sunda, Jawa dan Bali. Agamanya pun beragam. Ada muslim, kristen, dan Hindu," ucapnya kepada wartawan beberapa waktu lalu. 

Grup ini, kata Een, berdiri pada tahun 2016. Awalnya dari satu RT. Kemudian karena banyak yang berminat akhirnya menyebar ke sejumlah RT/RW. "Dibentuk swadaya, beli angklung sendiri, mengundang pelatih hingga terpilih leadernya," ungkap Een. 

Een sendiri merasa bangga dengan berdirinya grup angklung lansia ini. Ternyata tidak hanya bermusik namun melalui grup ini para anggotanya sudah saling bertoleransi. Malah juga saling menghargai latar belakang masing-masing.

Een mencontohkan, saat hari Jum:at para anggota menyiapkan makanan bagi kaum muslim untuk dinikmati setelah ibadah shalat Jum'at. 

"Kalau di liar itu mereka aktif di majelis taklim disuport makanan dan minuman kalau ada kegiatan Jumatan," ujarnya dan menyebutkan jika grup angklung ini dinamai Angklung Lansia Toleransi. **

Editor : H. Eddy D