FK-DKISIP Adakan Webinar Nasional Diikuti 216 PTS se Indonesia

Elly Susanto | 09 October 2021 19:36:51

()

BANDUNG, indoartnews.com ~ Drs. Tatang Sudrajat, SIP. M. SI, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sangga Buana (USB) YPKP Bandung selaku Sekjen FK-DKISIP mengemukakan, FK DKISIP mengadakan webinar nasional melalui zoom yang dihadiri 216 peserta dari PTS se Indonesia.

Webinar tersebut mengangkat tema : "Kurikulum MBKM Bidang Ilmu Sosial Politik : Konsepsi, Rancangan, Pengalaman Hibah dan Implementasi, Sabtu (9/10-2021).

Menurut Drs. Tatang, webinar ini merupakan yang ke-8 yang diadakan FK-DKISIP yang beranggota 126 PTS se Indonesia menghadirkan nara sumber Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP (Sekretaris Ditjen Dikti Kemrndikbid Ristek) dan Prof. Dr. Samugyo i. Redjo MA (Ketua Umum FK-DKISIP). Pematerinya dari sejumlah dekan yang mendapat hibah pemerintah untuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dijelaskannya, FK-DKISIP dibentuk sejak Juli 2020. "Alhamdulillah di masa pandemi ini kegiatannya webinar dan ini untuk ke 8 yang diselenggarakan forum ini. Ke depannya seminar offline. Termasuk rencana konferensi internasional," tegasnya.

Menurut Drs. Tatang, paparan dari pemateri ini menarik karena penyampaiannya bervariasi. "Faktanya MBKM ini harus jalan walau bertahap. Program ini mengubah banyak hal. Antara lain, kurikulum dan mahasiswa boleh belajar di prodi lain termasuk di perguruan tinggi yang didasari ada kerjasama termasuk juga kerjasama dengan industri mau pun media konvensional atau media lainnya," ucap Tatang. 

"MBKM di USB YPKP juga mulai berlaku pada semester ganjil ini secara bertahap. Paling tidak, USB sudah memulainya dari hal-hal yang paling sederhana dulu. Misal, untuk pertukaran mahasiswa untuk sementara hanya kami berlakukan di lingkungan internal tapi beda prodi," tukasnya.

Ia memberi uraian, ada mata kuliah komunikasi bisnis, itu ada prodi ilmu komunikasi, ada prodi ilmu ekonomi bisnis, ada prodi manajemen, pungkasnya.**

Editor : H. Eddy D