Eko Kurnianto: Hari Santri Nasional sebagai Momentum Penting untuk Membangun Bangsa

Elly Susanto | 22 October 2024 18:12:10

()

BANDUNG, indoartnews.com ~ Anggota DPRD Kota Bandung, Eko Kurnianto W., S.T., M.P.Mat., menghadiri peringatan Hari Santri Nasional tingkat Kota Bandung Tahun 2024 yang berlangsung di Kantor Kementerian Agama Kota Bandung pada Selasa, 22 Oktober 2024.

Peringatan tahun ini mengusung tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan.” Dalam sambutannya, Eko menekankan bahwa Hari Santri bukan sekadar acara seremonial, melainkan sebuah momentum untuk mengingat peran krusial santri dalam sejarah bangsa.

“Peringatan ini bertujuan mengenang kontribusi para santri bagi bangsa Indonesia, yang telah berjuang sejak sebelum kemerdekaan hingga saat ini,” ujarnya.

Eko Kurnianto menambahkan, selain berjuang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan, santri juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Ia menekankan pentingnya santri untuk mengisi kemerdekaan dengan mewarisi nilai-nilai perjuangan dari para pendahulu dan ulama.

“Santri harus menjadi garda terdepan dalam menciptakan situasi bangsa yang sesuai dengan cita-cita kemerdekaan,” katanya.

Lebih lanjut, Eko berharap santri masa kini mampu mengambil peran aktif di berbagai aspek kehidupan, tidak hanya di bidang keagamaan tetapi juga di masyarakat, birokrasi, teknologi, dan politik.

“Dengan meningkatkan kualitas diri dan menjadi teladan akhlak, para santri dapat berkontribusi dalam memajukan bangsa. Kualitas dan kemauan santri untuk mengambil peran tersebut sangat penting agar Indonesia dapat lebih baik di masa depan,” tutupnya.**