DPRD Jabar dan Ombudsman RI Teken MoU Pengawasan Pelayan Publik

Ken Zanindha | 24 October 2024 00:11:11

()

BANDUNG, indoartnews.com ~ Ombudsman RI dan DPRD Jawa Barat bakal membuat nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) perihal pengawasan pelayanan publik. Kerjasama ini baru pertama kali dan memiliki nilai sejarah dan monumental, kata Buky Wibawa di Bandung, Rabu (23/10/2024).

Fungsi pemerintah, kata Buky, ada aspek pelayanan, pembangunan, pemberdayaan, pengaturan, perlindungan. Semua itu harus ada keseimbangan dan fungsi pemerintah itu harus dilaksanakan semaksimal mungkin. 

"Untuk itu kami bertukar pikiran dan aspek pelayanan inilah Ombudsman menjalankan pengawasan dan kami akan bertukar informasi serta bersinergi untuk kesejahteraan masyarakat khususnya di Jabar," jelasnya. 

Menurut Buky, Jabar merupakan Provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Untuk itu DPRD Jabar bersama Ombudsman harus betul-betul mengawasi sejauh mana pemerintah mampu menjalankan fungsi pelayanan publik terhadap masyarakat dan berbagai sektor. 

Di tempat yang sama, anggota Ombudsman RI Robert Na Endi Jaweng menambahkan, rencana kerjasama ini pertama sinergi pengawasan sebagai sesama lembaga pengawas. Ombudsman sebagai lembaga negara yang memiliki kewenangan termasuk DPRD.

"Kami berterima kasih dapat diterima dengan baik. Kami atas nama Ombudsman RI bersama Ombudsman Jabar mengajak kerjasama ini harus sinergi. Dengan demikian, apa yang belum bisa diselesaikan dapat saling dikomunikasikan dan berkoordinasi," tambahnya.

Robert menegaskan, Ombudsman fokus pada publik tetapi pelayanan publik tidak bisa efektif jika perencanaan penganggaran tidak menitikberatkan pelayanan publik. Tetapi fakta di lapangan pelayanan publik belum menjadi prioritas kecenderungan pembangunan daerah yang masih menjadi prioritas. 

Di perencanaan harus menjadi prioritas seperti di RKPD dengan adanya fungsi DPRD pelayanan publik ini diharapkan menjadi arus utama. Tetapi fakta di lapangan juga menjadi keprihatinan dari Ombudsman ternyata juga menjadi konsen dari DPRD. Ternyata konsep dari DPRD dan Ombudsman juga selaras. "Semoga terus berlanjut," harapnya. **

Editor : H. Eddy D