Berbagi Berkah, 9 Ribu Boks lebih Nasgrat Tersalurkan Selama Setahun

Elly Susanto | 07 October 2019 07:30:31

()

BANDUNGindoartnews.com ~ Memasuki satu tahun pada 12 Oktober tahun ini, Nasi Gratis (nasgrat)  telah berhasil menyalurkan sedikitnya 9 ribu boks nasi gratis kepada yang membutuhkan. 

Ditemui Senin ( 7/10/2019 ) penggagas Nasgrat Dudy Supriyadi,  dirinya bersama istri memasak setiap harinya 30-50 boks/bungkus nasi gratis. 

"Dikemas menggunakan dus, dibungkus kertas ataupun menggunakan mika plastik lengkap dengan lauk dan air mineralnya," ungkap Dudy.

Bermula dari keprihatinan banyaknya pedagang, pekerja keliling,  pemulung dan pengamen yang lewat depan rumahnya dan sesekali mampir depan warungnya untuk mencari minuman bahkan makanan ringan. 

"Saat saya tanya apakah belum sarapan,  iya saya belum sarapan,  lumayan lapar dan haus pak sudah keliling tapi belum dapat pelanggan," kata Dudy menceritakan pengalamannya saat melayani seorang penjahit keliling. 

Dari pengalaman itulah, pada tanggal 12 Oktober 2018 lalu ia dan istrinya mencoba memasak nasi gratis sebanyak 20 bungkus,  kemudian bertambah 30, 50 sampai 70 boks/bungkus setiap harinya,  terutama di hari Jumat jumlahnya lebih banyak. 

Dimulai dengan menggunakan etalase kecil diatas meja reyot bekas tempat komputer bekas kebanjiran beberapa waktu lalu,  sehingga dikhawatirkan meja tersebut roboh karena kayu yang keropos.

Pada akhirnya sejumlah donatur pun berdatangan, salahsatunya penyediaan etalase dilengkapi spanduk, sehingga terlihat lebih rapi dan bersih. 

Seiring bertambahnya waktu,  para penerima nasgrat pun bertambah,  ada diantara mereka yang menginginkan agar nasi nya lebih banyak, sehingga sarapan pagi diharapkan bisa menahan lapar sampai siang hari.

"Pak kalau bisa nasinya lebih banyak jadi sarapan cukup sekali tapi kuat sampai sore, " ucap Dudy menceritakan permintaan salah seorang pedagang tahu Sumedang asal Cicalengka.

Dudy juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh donatur yang sudah membantunya,  baik dalam bentuk uang,  bahan makanan, seperti beras,  tahu tempe,  maupun dalam bentuk nasi bungkus yang sudah jadi,  sehingga sehari bisa mencapai 30-70 boks/bungkus yang dapat diambil langsung oleh mereka yang ingin makan, sementara pada Ramadhan tahun 2018 lalu nasi gratis diubah pola nya jadi tajil gratis. 

Dengan motto "Siapapun Boleh ambil - Boleh isi, Dudy berharap nasi gratis serupa bisa tumbuh dan berkembang di tempat-tempat lainnya, sehingga semakin banyak nasi gratis semakin banyak pula orang yang tertolong untuk bisa mendapatkan nasi yang siap makan.

Dudy pun berharap dengan adanya nasi gratis ini bisa menjadi satu pola subsidi bagi mereka yang sudah tersedia makanan di rumahnya,  kemudian berbagi berkah berupa menyimpan makanan di etalase nasgrat. 

Nasi gratis yang berada di Komplek Bumi Panyileukan Blok q4 No.  5 Cibiru Bandung hp 08179208620 ini, juga diharapkan dapat berlanjut terus,  sehingga dapat memberi manfaat bagi yang memerlukan.

Pada acara setahun nasgrat, Sabtu (12/10/2019) dijadwalkan akan diisi dengan doa dan makan bersama para pemulung,  pedagang dan pekerja keliling,  anak yatim,  para donatur, jurnalis para peliput dan para tetangga terdekat dengan harapan antara penerima dan pemberi nasi gratis dapat bersilaturahmi dan bertatap muka.**